Aksi Protes Israel di Bundaran HI Bergeser ke Istana

Tuesday, June 1, 2010

Jakarta - Massa Mahasiswa dan Pelajar Muslim se-Jabotabek yang mengutuk serangan Israel terhadap kapal kemanusiaan menuju Gaza telah meninggalkan Bundaran Hotel Indonesia. Massa melakukan aksi longmarch menuju Istana Negara.

Pantauan detikcom, sekitar 500 orang aktivis Mahasiswa dan Pelajar Muslim se-Jabotabek tersebut menutup jalur lambat Jl MH Thamrin ke arah Istana Negara. Mereka dikawal sejumlah personel kepolisian.

Selama perjalanan menuju Istana, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (1/6/2010), massa tak henti-hentinya meneriakkan yel-yel 'bebaskan Palestina'. Mereka juga mengutuk keras aksi brutal militer Israel terhadap para relawan yang tengah mengirim bantuan kemanusiaan untuk rakyat sipil Palestina.

Massa mengusung sebuah bendera Palestina raksasa berukuran sekitar 15 X 20 meter. Bendera tersebut dibentangkan dengan cara dipegangi setiap ujungnya oleh sejumlah demonstran. Untuk lebih memeriahkan suasana, para demonstran juga membawa sebuah mobil pick up yang digunakan untuk mengangkut seperangkat alat pengeras suara.

Sesampainya di depan Istana Negara, para demonstran langsung menggelar orasi. Seperti di Bundaran HI, dalam orasinya di depan Istana para demonstran juga mengutuk kekejian militer Israel.

Massa Mahasiswa dan Pelajar Muslim se-Jabotabek ini merupakan gabungan pelajar dan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi, seperti UI, UNJ, Trisakti dan sebagainya. Dalam aksinya, mereka mengenakan jaket almamater kampus masing-masing. Karena jumlahnya yang relatif kecil, aksi ini tidak terlalu mengganggu arus lalu lintas di depan Istana Negara

0 comments: