Rachmadita Nisa Ayuningtyas

Tuesday, June 1, 2010

Nama gw dita. Lengkapnya sih Rachmadita Nisa Ayuningtyas. Sebelumnya nih ada cerita asal muasal nama ini. Jadi kan katanya dulu pas nyokap gw hamil pertama, USG menyatakan kalo nyokap gw sedang mengandung anak laki-laki. Otomatis hingga menjelang kelahiran, kedua orangtua gw menyiapkan nama laki-laki buat calon bayinya. Namanya Charisma Wiyoto, karena berharap anak pertamanya nanti bisa jadi oranng yang berkharisma. Ternyat eh ternyata pas lahir keluarnya perempuan. Jadi deh tu nama laki – laki gak dipake. Dan diganti dengan nama Rachmadita Nisa Ayuningtyas. Rachmadita = maksudnya dita yang selalu diberi rahmat, Nisa = Perempuan, Ayu = Ayu, cantik, dan Ningtyas = sepertinya nama marga orang jawa, karena gw sering liat nama2 orang yang keturunan jawa itu ada ningtyasnya. Hehe. Untungnya gedenya gw ga jadi cewe yang tomboy – tomboy amet.
Tapi polemic nama gw ga berakhir sampai disitu. Pas pengen membuat akte kelahiran saat itu, entah petugas dari pembuat akte kelahiran (gw gatau namanya) itu budek, atau lupa atau emang bokap gw yg salah atau gimana persisnya gw gatau. Jadi ada kesalahan penulisan. Di situ ditulis namanya Ramadita Nisa Ayuningtyas. Beda ada huruf “ch” dan tidak. Dan menurut nyokap gw yg paling sering complain dng kesalahan penulisan di akte kelahiran gw itu kalo nama gw Ramadita, itu gaada artinya. Beda kalo dikasih huruf “ch”, ada artinya. Dan sampe sekarangpun belum diurus buat diperbaiki. Kata bokap gw rada ribet ngurusnya dan make duit pasti, yang penting mah di ijazah itu namanya Rachmadita Nisa Ayuningtyas. Saat gw TK, itu semuamuanya, nama di rapot, sertifikat yg gw dapet itu ngikutin nama dari akte kelahiran, Ramadita. Nah biar pas SD ga terulang lagi, saat saat menjelang akhir jenjang di SD, kelas 6, nyokap gw ngasitau dan ngingetin terus ke kepala sekolahnya biar jangan sampe namanya kaya di akte kelahiran. Dan alhasil nama gw jadi Rachmadita Nisa Ayuningtyas. Pas SMP juga ga begitu sulit karena penulisan itu mengikuti ijazah sebelumnya, begitu juga pas SMA. Pas lahir berat gw 2,7 kg, paling kecil diantara sodara kandung gw yang lain, ade gw yg cewe yg paling besar namanya Gandes Mutiara Aziz, dia lahir dengan berat 3, sekian, gw lupa dan ade gw yang paling bontot, Jatayu Alim Said Wiyoto, paling berat, 3,6 kg. Gw waktu kecil katanya pinter, rajin. Pagi – pagi jam 4 subuh uda bangun dan langsung mandi, bahkan gw sering bangunin orangtua solat subuh dulu. Gw pinter pengen tau macem2, wajarlah menurut gw karena biasanya kan anak” kecil sering bertanya yang aneh dan kadang itu pertanyaan simple tapi susah buat dijelasin oleh orang tua. Agak menyedihkan sih masa anak2 gw, karena gw dibesarkan oleh seorang pembantu. Nyokap gw guru bahasa Indonesia. Beliau lulusan UNJ, anak sastra lah pastinya. Gw sering ditinggal nyokap, dan waktu gw kebanyakan dihabiskan dengan embak gw itu, namanya mbak inem. gw masih inget mukanya, dan beberapa kali kalo ke kampung mbah gw di klaten suka lewat rumahnya, walaupun ga pernah ketemu sama mbak inem. Hiks
Mbak inem itu pengasuh yang paling betah ngurusin gw, sekitar 1 tahun lebih mbak inem ngurusin gw. mbak inem baik banget. Tiap hari nih karena pada waktu itu rumah gw itu deket sama ragunan, tiap pagi dan kadang sore mbak inem ngajak gw masuk ke ragunan buat nyuapin makanan disana. Biar cepet abis dan biar gwnya ga bosen salma lingkungan rumah yang itu – itu aja. Dulu gw pernah foto studio sama mbak inem Cuma fotonya ilang jadi gaada kenang-kenangannya lagi. L mbak inem juga orangnya sabar, paling sabar diantara pembantu2 gw yang lain setelah dia. Sekarang mbak inem masih stay di klaten uda nikah kayanya dan katanya sih kabar terbaru yang gw dapetin itu mbak inem sekarang jualan sayur dipasar. Balik lagi ke masa kecil gw, kadang gw suka dibawa nyokap gw ke tempat beliau mengajar. Waktu itu ngajarnya masih di sebuah sekolah swasta di daerah cipinang. Kalo nyokap gw masuk kelas, gw maen sendiri di kantor, kadang jalan- jalan dikoridor trus keseringan maenan, kebetulan itu sekolah ada taman bermainnya, kayanya sih dipake buat anak2 TK juga, jadi gw maenan sendiri disitu ampe bosen. Tapi gw beruntung dibanding anak2 nyokap gw, gw yg paling dapet kasih sayang yang besar, sering diajak jalan-jalan. Beda banget sama adek gw yang cewe. Kata nyokap gw, tiara paling kesian dibanding anak2 nyokap gw yg lain karena pada saat itu lagi krisis ekonomi di keluarga, butuh banyak duit jadi nyokap gw gencar gencarnya nyari duit ampe katanya pada saat itu nyokap gw ngajar di 3 sekolah sekaligus dan itu capek banget pastinya. Kalo ade gw yg cowo ini, Alim, hmmm paling disayang sama bokap. Karena emang bokap gw mengharapkan banget punya anak laki laki dan ternyata dapetnya terakhir, anak bontot. Dan jadinya sangat dimanjain sama bokap.
Kata nyokap gw juga tuh dulu gw kepengen cepet cepet sekolah biar bisa belajar dan punya banyak temen, akhirnya deh umur 4 tahun gw uda masuk TK, krn dulu belom ada playgroup ya. Dan umur 4 tahun masuk TK O besar itu bukan hal yg lumrah. Biasanya tuh orang masuk TK umur 5-6 tahun pada saat itu. jadi gw seolah2 ikut aksel, padahal si emang dimulainya yang duluan. Haha. Umur 6 tahun gw uda masuk SD, dan terakhir kmrn umur 17 tahun gw uda jadi mahasiswa. Hehe. Ada untungnya juga sih trnyata sekolah muda. TK gw itu di TK Al Kautsar, di jagakarsa. SD gw di SD Pelita Pasar Minggu. Pas SD kelas 5 gw pindah rumah dari jagakarsa ke Ciganjur. SMP alhamdulillah gw dapet di SMPN 41 di ragunan. SMA di SMAN 38 lenteng agung, yg merupakan peralihan krn di SMA 34 gw kedepak. Khukhu. Tapi gaada alesan yg bikin gw menyesal masuk 38. Karena di 38 gw ketemu banyak hal baru, punya temen2 yang baik banget, guru2 yang care, petugas2 sekolah yang baik2 juga semuanya menyenangkan dan itu yg bikin gw kangen sama masa2 SMA J. Sekarang gw adalah seorang mahasiswi di Universitas Indonesia fakultas Vokasi (fakultas baru launching tahun ini) itu setara dengan D3, Program Studi Okupasi Terapi.

0 comments: