daftar jumlah kolesterol di tiap makanan

Sunday, July 18, 2010

Nama makanan/10 gr
Kolesterol (mg)
Kategori
Putih telur ayam
0
Sehat
Teripang
0
Sehat
Susu sapi non fat
0
Sehat
Daging ayam pilihan tanpa kulit
50
Sehat
Daging bebek tanpa kulit
50
Sehat
Daging sapi pilihan tanpa lemak
60
Sehat
Daging kelinci
65
Sehat
Daging kambing tanpa lemak
70
Sehat
Daging asap (ham)
98
Sekali - kali
Iga sapi
100
Sekali – kali
Daging sapi
105
Sekali – kali
Burung dara
110
Sekali – kali
Ikan bawal
120
Sekali – kali
Daging sapi berlemak
125
Sekali – kali
Gajih sapi
130
Hati – hati
Gajih kambing
130
Hati – hati
Keju
140
Hati – hati
Sosis daging
150
Hati – hati
Kepiting
150
Hati – hati


ini list kandungan kolesterol di makanan tiap 10 gr.  List ini gw kutip dari General Hospital di Singapore. 
Sebenernya gw agak sanksi juga. Gak nyangka gila masa kuning telur ayam kolesterolnya hingga 2000 mg/10gr.. telur burung puyuh palagi. Kalo dibayangin nih misalnya kita makan rendang, itukan daging sapi + santan. Kalo diitungin coba jumlah kolesterolnya berapa di tiap gigit daging rendang yang kita makan? Hmmm ga kebayang deh.. sebenernya sih menurut gw yg paling nyaru tuh ya si kuning telur itu.. antara gak percaya dan bingung.. padahal kan ya katanya telur ayam itu proteinnya banyak, sehat, bisa nguatin stamina, tapi kandungan kolesterolnya banyak? Terus ada lagi, susu sapi. Katanya sehat, banyak kalsiumnya, baik untuk pertumbuhan, tapi disitu tertulis statusnya berbahaya. Tak taulah saya. Gw belom dapet informasi yg lebih akurat untuk menjawab pertanyaan gw itu. mungkin kalo ada yg baca bisa kasih infonya? Silahkan komen :)

0 comments: