wasit wanita? kenapa tidak

Wednesday, January 26, 2011

Kenal Sian Massey?
Ya, mungkin pecinta liga inggris, terutama yang menyaksikan laga Liverpool vs Wolverhampton sabtu (22/1) lalu tahu karena Massey menjadi assisten wasit dipertandingan tersebut. Tak ayalnya seperti melihat ikan di padang pasir (halah lebay, hehe) semua mata tertuju pada Massey, seorang wanita yang dipercaya oleh FIFA dapat memimpin pertandingan pria yang memang belum lazim di kalangan masyarakat eropa bahkan dunia. tak ayal cemooh pun datang dari dua presenter papan atas Sky Sport, Richard Keys dan Andy Gray.

K : "Seseorang sebaiknya segera turun ke sana (lapangan) dan menjelaskan tentang off-side kepadanya (Massey)
G : "Perempuan tak tahu aturan off-side"
K : "Saya bisa menjamin akan ada sesuatu yang besar hari ini"

kemudian Keys mengomentari artikel wakil ketua club West Ham United, Karen Brady di harian The Sun tentang tingkat seksisme dalam sepakbola.
"Lihat, Karen Brady yang menawan pagi ini mengeluh tentang seksisme? Yeah. Tolong aku sayang"

Pada saat mengomentari Massey ternyata Gray dan Keys tidak sadar bahwa microfon didepannya masih menyala.Menurut gw itu omongan yang seharusnya ga keluar dari mulut orang hebat dan terkenal seperti mereka.Jelas komentar mereka yang seperti itu menuai kemarahan dari berbagai kalangan, termasuk Direktur MAnager Sky Sport, Barney Francis. Beliau bilang begini "Ini menjelaskan kepada mereka berdua bahwa komentar mereka berdua tidak bisa diterima sama sekali"
Manager Liverpool Kenny Dalglish juga bilang "Bagi saya, jika anda menjalankan pekerjaan dengan bagus, saya tidak berfikir gender akan menjadi penghalang"
Bek tengah andalan MU, Rio Ferdinand juga berkomentar melalui akun twitternya "Saya mendukung perempuan menjadi wasit dalam sepakbola, diskriminasi seharusnya tidak terjadi dalam seluruh pertandingan, sudut pandang prasejarah jika berfikir sebaliknya" dalem juga ya komentarnya. hahaha

namun apa kenyataannya? Massey bertugas menjadi hakim garis dengan baik. Bahkan ia mengambil keputusan penting dengan tidak mengangkat bendera off-side saat Meireles menjemput umpan POulsen dan saat El-Nino menerima umpan Meireles yang berujung gol pada menit ke-36.

lagian menurut gw juga pastinya FIFA ga semudah itu meloloskan wasit untuk memimpin sebuah pertandingan sepakbola, apalagi di liga sebesar BPL. Massey juga harus melewati banyak isi tantangan, mulai dari asisten wasit di liga Championship, LDV VAns Trophy, Liga Divisi 2, Liga Champion perempuan UEFA, dll lah.. dan Massey juga mulai belajar menjadi wasit dari dia remaja (sekarang umurnya 26thn,kelahiran 1985)dibawah bimbingan ketat FA.Kemudian juga ia dimagangkan diliga - liga papan bawah sebelum naik ke akademi dan sepakbola semi profesional

Debut Massey dipertandingan sepakbola pria pada Agustus 2009 saat Hereford dan Port Vale bermain 2-2, dan ia menjadi wasit professional semenjak Maret 2010.tuh ga segampang itu kaaan?

Katanya sih 2 hari kemudian (senin) Keys menelepon Massey dan meminta maaf atas perkataanya dan Massey pun tidak mau memperpanjang masalah itu dan berharap semua cepat menjadi masalalu, namun tetap saja sanksi pasti ada. Isunya sih mereka bakalan dipecat dari Sky Sport yang sudah menafkahinya sekitar b1,7 juta poundsterling (atau kira2 setara dengan 24.221 milyar rupiah/tahun) yang sudah berlangsung hampir 2 dekade. hemmm

Ada yg tau mukanya Gray sama Keys kaya apa? nih dia


Richard Keys


Andy Gray

kasian ya memang, cuman karena perkataan yang menurut mereka mungkin cuma guyonan tapi bisa berbuntut panjang. itulah, pelajaran juga buat kita semua untuk selalu menjaga lisan :)

0 comments: